Sabtu, 26 April 2008

Pendakian Gn. Gede-Pangrango 17-20 April 2008 (Cibodas – Gn.Putri)

Taman Nasional Gede Pangrango, begitu sering disebut oleh masyarakat. Namun saat tanggal 18 april saat penggambilan surat ijin, ternyata sudah naik derajat menjadi balai konservasi. Pendakian saya ini sebenarnya salah satu tugas teman saya, untuk memenuhi pengalaman sebagai coordinator perjalanan, saat sidang anggota penuhnya.

Kantor Balai Konservasi Gn.Gede - Pangrango

Berawal dari Bandung, tepatnya secretariat
ASTACALA, pukul 16.30 wib. Karena angkutan menuju terminal leuwi panjang yang selalu rame maka kami baru sampai di terminal pukul 17.10 wib. Kemudian segera mencari bus jurusan bogor via puncak dan turun di pertigaan Cimacan, Jn raya Cipanas. Karena uang pas-pasan kami naik bus ekonomi dengan biaya 12ribu/org (term.Leuwipanjang - Cimacan). Sesampai di pertigaan tersebut kami berhenti sejenakuntuk mengisi perut karena saat itu pukul 20.45. Kemudian untuk mencapai kantor balai konservasi Cibodas harus menumpang angkutan dengan biaya 3ribu/org. Dan karena sudah malam pula maka kantor tutup dan kami tidak dapat mengurus surat ijin untuk masuk ke dalam kawasan TNGP, kami kira kantor ini buka 24 jam karena jadi satu dengan pos pendakian, ternyata tidak. Untuk melakukan pendakian di Gn gede-pangrango harus dengan ijin dari kantor balai, waktu maksimal dalam peraturan 2 hari 1 malam dengan biaya 7rb/org. Tidak boleh membawa senjata tajam kecuali pisau lipat, itupun dibatasi jumlahnya, jika berlebihan akan di sita di pos pendakian.

Esok harinya, pukul 8 pagi kami mengurus surat perijinan tersebut(karena memang baru buka pukul 8). Perlu diketahui sebaiknya proses mengurus perijinan ini dilakukan maksimal 1 hari sebelumnya, karena prosesnya cukup memakan waktu, sekitar 2 jam, itu bias menyebabkan rencana operasional yang sudah kita rancang matang-matang jadi molor. Karena hal itu pula kami baru bisa memulai perjalanan pukul 10.00 yang rencana pukul 6 pagi.

Pendakian kami melalui jalur cibodas kemudian turun melalui jalur Gn.Putri . Sepanjang jalur cibodas, karena merupakan jalur wisata maka jalurnya cuku besar. Ada objek-objek menarik di sepanjang jalur tersebut. Yang pertama di temui (apabila perjalanan naik) adalah Telaga Biru, pukul 10.45 kami mencapainya. Lalu jembatan kayu yang panjang berfungsi untuk memudahkan melewati area rawa. Beberapa menit setelah itu akan melewati air terjun air panas. Kemudian air terjun air dingin yang cukup indah.

Belakang saya air terjun air dingin

Kami mencapai kandang badak(sebutan pertigaan jalur naik ke puncak pangrango dan puncak gede) pukul 15.10 dan bermalam di daerah ini. Rencana kami bermalam di lembah mandalawangi karena molor untuk mengurus surat maka meleset dari rencana.

Pukul 6.10 kami summit attack ke puncak Pangrango, puncak kami datangi 2 jam 20 menit kemudian. Dan menikmati sarapan di lembah mandala wangi (tempat favorit Soe Hok Gie dan Mapala UI).

Breakfast di Mandala Wangi

Kemudian turun lagi menuju kandang badak selama 1,5 jam. Di kandang badak setelah makan siang kami berangkat menuju puncak gede, tepatnya pukul 13.10. Dan mencapai puncak pukul 15.15. Setelah istirahat, foto-foto dan menikmati puncak, kami turun ke lembah surya kencana(15.45 – 16.30) dan bermalam di sana.

Pagi tanggal 20 April 2008 pukul 04.10, berdua dengan engkong (karena yang lain ga mau ikut), melakukan summit attack lagi ke puncak Gede untuk menikmati indahnya matahari terbit dan pemandangan alam buatan Yang Maha Esa yang tiada bandingnya.

06.50 kami turun lagi ke surya kencana, dan 09.20 turun melalui jalur Gn.Putri. Sesampainya di pos pendakian (13.15) barang barang kami di periksa, setelah itu kepala penjaga minta sumbangan dana untuk kegiatan para sukarelawan TNGP wilayah Gn.Putri, saat itu kami hanya member 10 rb rupiah.

Untuk turun ke jalan raya Cipanas kami naik angkot denga ongkos 3rb/org. Kemudian dari Sukatani ke Bandung numpang bus JakartaBandung (eko. Via puncak) dengan biaya 15rb/org. pukul 19.35 kami sampai dengan selamat di Sekretariat ASTACALA tercinta.